Kamis, 10 November 2016

Cara Memperbaiki Laptop Yang Tidak Bisa Diproyeksikan (Tampilan Tidak Muncul)

Pada postingan kali ini kita anda mengupas permasalah kecil pada laptop ketika kita hendak memproyeksikannya melalui Proyektop atau InFocus. Permasalahan ini kerap dialami oleh siswa, guru ataupun bahkan karyawan perusahaan yang ingin melakukan presentasi menggunakan proyektor.

Sebelum memperbaikinya, terlebih dahulu kita selidiki penyebab munculnya masalah ini, masalah ini muncul bisa karena laptop anda tidak otomatis terhubung ke proyektor atau juga bisa terjadi karena ada yang salah pada driver anda. Jika penyebabnya adalah masalah pertama, maka untuk memperbaikinya cukup mudah. Namun, jika penyebabnya pada masalah kedua, maka akan cukup rumit untuk memperbaikinya.

Jika anda pernah mengalami hal ini, maka anda sama seperti saya dulu. Ketika akan mengadakan presentasi tugas ternyata tampilan laptop tidak muncul di layar proyektor. Kemudian, saya lakukan beberapa settingan untuk memproyeksikannya. Alhasil, laptop yang saya gunakan sudah bisa diproyeksikan kembali.
Mungkin bagi yang sudah sering menggunakan komputer atau  master komputer ini adalah hal sepele. Tapi bagi newbie, masalah ini terbilang menggangu dan membuat pekerjaan terhambat.

Sebenarnya judul yang lebih tepat adalah settingan untuk memproyeksikan laptop melalui proyektor. Karena dalah kasus ini laptop anda tidak rusak, jadi tidak perlu diperbaiki.

Untuk anda yang sedang mengalami masalah itu, jangan panik. Sangat mudah untuk memproyeksikannya kembali. Berikut ini settingan untuk memproyeksikan laptop ke proyektor :
1. Pastikan anda sudah meginstal driver proyektor yang sesuai.
2. Klik Start>Control Panel>Appearance and Personalisation>Display
3. Lihat di bagian kiri terdapat pilihan "Project to second screen" pilih opsi tersebut
4. Jika ada menu yang muncul pilih "duplicate"
5. Mantap!!!

Untuk mempersingkat langkah-langkah diatas, cukup tekan tombol "Windows+P" pada keyboard lalu pilih "duplicate" agar lebih cepat.

Jika anda tidak bisa memilih opsi "duplicate" maka kemungkinan besar anda belum menginstal driver projection pada laptop anda. Untuk penginstalan drivernya cukup masukan CD instalan Windows yang anda dapatkan ketika membeli laptop. Silahkan instal driver yang anda perlukan.
Jika anda sudah memilih opsi "duplicate" tapi tidak terjadi apa-apa. Maka kemungkinan besar driver laptop anda tidak terinstal sempurna. Anda harus melakukan penginstalan ulang driver sama seperti penjelasan diatas.

Cukup sekian Tips Trik kali ini, jika anda merasa bingung atau punya pertanyaan, silahkan sampaikan pada kolom komentar dibawah. Nantikan postingan bermanfaat selanjutnya hanya di blog ini.



» Thanks for reading: Cara Memperbaiki Laptop Yang Tidak Bisa Diproyeksikan (Tampilan Tidak Muncul)
Author: dmsinambela

Jangan pernah takut sebelum mencobanya dan jangan pernah berhenti sebelum berhasil.

0 komentar: